6 Jenis Kartu Undangan Pernikahan yang Wajib Kamu Tahu

Sebuah ritual sebelum melaksanakan pernikahan yang meskipun nampak sepele, namun bisa membuat kedua calon pasangan pengantin beradu argumen, adalah jenis undangan pernikahan. Mau bagaimana lagi, banyak sekali perusahaan percetakan yang menawarkan jasa cetak sekaligus desain kartu undangan, belum lagi vendor-vendor khusus pernikahan yang menawarkan jasa yang sama. Jangankan memilih desain dan jenisnya, untuk memilih percetakan mana saja, kamu sudah bingung dibuatnya.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika mempertimbangkan secara matang jenis kartu undangan seperti apa yang menarik perhatian kamu sehingga dapat memudahkan proses pemilihan. Berikut DEF akan mengajak kamu mengenal 6 alternatif jenis undangan yang bisa kamu pilih.

Undangan Ekonomis


Yang termasuk undangan ekonomis adalah undangan yang hanya terdiri dari selembar kertas yang dilipat. Kebanyakan, undangan seperti ini tidak memiliki amplop, dan desain undangannya pun cukup sederhana. Harganya berkisar antara Rp 1.500 sampai Rp 3.000 per satu kartu undangan.


Undangan Hard Cover

Kertasnya tebal dan ditutup oleh sebuah amplop. Desain juga lebih rumit dan menarik dibanding kartu undangan ekonomis. Harganya dipatok mulai dari Rp 4.000 sampai Rp 7.000 rupiah. Banyak digunakan oleh pasangan yang sudah cukup mapan secara finansial.


Undangan Soft Cover

Kartu undangan yang datang dengan ataupun tanpa sebuah amplop dengan desain yang elegan nan indah. Namun, kertas yang digunakan hampir sama ketebalannya dengan undangan ekonomis. Harga yang dipatok pun tak jauh beda, yaitu antara Rp 2.000 – Rp 4.000 per satuannya.


Undangan Mewah

Selain kertasnya tebal dan desainnya yang elegan dan tak pasaran, kartu undangan mewah biasanya dilengkapi dengan ornament atau pun hiasan seperti pita. Biasanya undangan jenis ini juga berisi foto kedua calon pengantin. Harganya diperkirakan berkisar dari Rp 4.500 – Rp 8.000 rupiah.


Undangan Unik

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa kartu undangan jenis ini pasti memiliki desain yang tak biasa. Jika kartu undangan kebanyakan berbentuk persegi dan memiliki amplop, undangan unik bisa datang dalam bentuk tiruan KTP, Passpor, atau tiket konser. Harganya pun bervariasi tergantung kerumitan desain dan bahan yang digunakan.


Undangan Online

Mungkin undangan jenis ini masih belum lazim digunakan oleh calon pasangan pengantin untuk mengundang para tamunya. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Beberapa akun media sosial memiliki vitur untuk membuat undangan elektronik ini, seperti FB. Tamu hanya perlu merespon undangan melalui gawainya. Mudah, efektif dan jauh lebih ekonomis tentunya.


Sebuah undangan bisa jadi mewakili kepribadian kedua calon pengantin. Ingat, tidak semua undangan yang mahal itu bagus. Semua tergantung kepiawaian vendor dalam meracik kata dan desain. Bahkan, akan jauh lebih bagus jika kamu dan pasangan mampu menambahkan karakter di dalamnya berupa kutipan kalimat atau foto pre wedding kamu berdua. (dros)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s